Thursday, July 2, 2015

LFL: Sebuah Inspirasi dari "Seven Pounds".

Apakah teman-teman sudah pernah nonton film Seven Pounds? Film tersebut dibintangi oleh Will Smith dan bercerita tentang seorang suami yang merasa sangat bersalah karena sudah membuat istrinya meninggal akibat kecelakaan mobil. Untuk menebus rasa bersalahnya tersebut, sang pemeran utama  mencari 7 orang yang dianggap layak untuk diberikan sumbangan berupa material ataupun donor organ. Pada akhir film, sang pemeran utama berhasil melakukan itu semua. Apakah hal tersebut dapat dikatakan happy ending ataukah sad ending? Mungkin keduanya bisa karena sang pemeran utama berhasil menyelesaikan misinya akan tetapi harus dibayar oleh nyawanya sendiri.
Film "Seven Pounds".

Disini saya mendapatkan pelajaran dan sebuah inspirasi. Pembelajarannya adalah semua yang ada di dunia ini bersifat sementara dan harta yang banyak belum tentu membuat seseorang bahagia. Mungkin uang bisa membeli hampir semua yang ada di bumi ini akan tetapi tidak bisa membeli kebahagiaan. Saya sebenarnya sudah lama mendengar pelajaran tersebut bahkan sebelum film itu ada.

Mendapatkan sebuah inpirasi? Ya, saya mendapatkan sebuah inspirasi. Saya pribadi bercita-cita untuk mendonorkan organ-organ saya yang masih bagus kualitasnya ketika saya meninggal nanti (Tidak dengan cara bunuh diri seperti di film tersebut). Apabila kita meninggal, terus dikubur, dan nantinya diuraikan di dalam tanah; hal tersebut tidak ada yang salah sama sekali. Tapi saya berpikir "Kenapa tidak saya sumbangkan/donorkan saja organ yang masih bagus? Toh masih banyak orang yang tidak mampu membayar biaya tapi membutuhkan donor organ. Kalo dikubur kan ga ada yang mendapatkan manfaatnya.". Saya bukan bermaksud untuk mengajak untuk tidak mengubur orang yang meninggal, orang yang meninggal pasti harus dikubur, tapi apakah lebih baik dikubur setelah beberapa organnya didonorkan terlebih dahulu? Masing-masing individu memiliki pendapatnya sendiri dan hal tersebut tidaklah salah. Tapi inilah yang ada dipikiran saya. Saya sebisa mungkin menjaga kesehatan dengan tidak merokok, meminimalisir makan mie instan, olahraga ringan setiap hari, dan lainnya. Saya melakukan hal tersebut selain untuk diri saya pribadi, juga untuk menjaga agar kualitas organ di dalam tubuh saya tetap baik. Tidak ada salahnya kan?

- RP -

No comments:

Post a Comment